Jumat, 25 Mei 2012

Hidup Yang Bertanggung Jawab (Manusia Dan Tanggung Jawab)

Hidup Yang Bertanggung Jawab (Manusia Dan Tanggung Jawab)

Sikap tanggung jawab haruslah dimiliki oleh semua manusia. Tanggung jawab akan sesuatu hal yang telah kita lakukan  atau kita perbuat adalah sikap yang harus ditanamkan sejak kita masih kecil agar kelak kita dewasa kita akan menjadi orang yang tidak asal bertindak dan selalu memikirkan dampak apa saja yang akan kita timbulkan dari suatu perbuatan yang kita lakukan. Tanggung jawab sering kali kita abaikan karena ada beberapa factor, yaitu:
1.      Sejak kecil kurang  ditanamkan rasa beertanggung jawab, mungkin akibat dari sering dimanja.
2.      Lingkungan, dimana didalam lingkungan tersebut memang sudah biasa untuk tidak bertanggung jawab
3.      Dari dalam diri sendiri, artinya dia tidak ingin atau enggan mencoba untuk bertanggung jawab atas apa yang telah dia lakukan dan dampak apa yang akan terjadi.
Untuk menerapkan sikap tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari, hendaklah kita mempunyai  sikap yang berpedoman pada rasa sikap tanggung jawab. Dengan rasa tanggung jawab maka sesuatu yang kita kerjakan akan bisa dihargai oleh orang lain.
Contoh sikap bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari misalnya saja, sebagai seorang mahasiswa yang mempunyai kewajiban untuk belajar dan menuntut ilmu. Mahasiswa haruslah mempunyai rasa tanggung jawab akan kewajibannya. Misalnya saja dalam mengerjakan tugas, dating untung belajar ke kampus, mematuhi peraturan yang ada di perguruan tinggi tempat mahasiswa itu belajar. Mahasiswa yang memiliki sifat tanggung jawab maka akan menjadi orang yang tidak diremehkan oleh orang lain.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar