Jumat, 25 Mei 2012

Adil Yang Baik (Manusia Dan Keadilan)

Adil Yang Baik (Manusia Dan Keadilan)
Dalam kehidupan sehari-hari  kita harus memiliki sikap adil. Adil adalah jujur, tulus, tidak memihak satu pihak manapun. Secara terminilogis adil adalah suatu sikap yang bebas dari diskriminasi, ketidakjujuran. Dalam kehidupan sehari-hari kita haruslah mempunya sikap dan rasa adil terhadap segala sesuatu. contoh sikap adil misalnya saja dalam lingkungan keluarga. Seorang ayah harus bersikap adil terhadap semua anggota keluarganya, terhadap semua anaknya, terhadap istrinya. apabila sikap adil diterapkan dilingkungan keluarga maka akan menjadi kebiasaan yang semakin menjadi dilingkungan luar keluarga. 
Keadilan sendiri sudah ada dalam Pancasila kita yaitu dalam sila kedua yang berbunyai "Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia" yang artinya bahwa di Indonesia ini sangat menjunjung azas keadilan. semua harus adil. Hukum yang ada di Indonesia juga harus adil, tidak boleh memihak salah sau pihak, mau dari kalangan manapun, yang mana yang benar harus dibenarkan dan yang salah harus disalahkan.
Kebiasaan bersikap adil dalam kehiduoan sehari-hari akan menjadikan pribadi kita yang memiliki jiwa dan rasa adil terhadap segala suatu tindakan. untuk itu terapkanlah rasa keadilan dari sejak usia dini maka akan tertanam sampai kita besar dan kita akan tumbuh menjadi pribadi yang sangat memiliki rasa keadailan terhadap sesama. Jangan meremehkan didikan semenjak kecil, karena dari kecilah kita sikap pribadi kita mulai terbentuk mau menjadi apa kita jika sudah besar nanti. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar