Senin, 26 Maret 2012

Lemahnya Kejujuran (Manusia Dan Penderitaan)

Lemahnya Kejujuran (Manusia Dan Penderitaan )
Korupsi bukan menjadi hal yang asing lagi di negeri kita ini. Korupsi yang terjadi di negeri kita ini terjadi bukan hanya dikalangan atas saja tetapi dikalangan bawah juga. Korupsi menjadi hal yang nampak sudah biasa bagi sebagian orang yang memang hidup di lingkungan korupsi, sehingga banyak bagi orang-orang tertentu menganggap jika korupsi itu hal yang lumrah. Padahal korupsi sangat merugikan banyak pihak, dari diri sendiri, bahkan bisa juga merugikan orang lain.
Korupsi yang terjadi dikarenakan kurangnya kesadaran yang dimiliki oleh orang tersebut, mereka yang melakukan tindak korupsi kebanyakan karena mencontoh tingkah laku dari orang yang berada di sekitar mereka. Misalnya saja seorang atasan yang sengaja terang-terangan menerima sogokan dari pihak yang ingin bekerja sama dengan dia, otomatis bawahan yang melihat prilaku atasannya itu akan merasa bahwa tindakan sogokan itu hal yang biasa, sehingga jika dia melakukan hal yang sama dia tidak merasa bersalah atau pun merasa berdosa.
Efek yang terjadi dari tindakan korupsi adalah kerugian untuk berbagai pihak. Terutama kerugian untuk rakyat, apalagi jika yang korupsi itu adalah pemerintah yang harusnya membuat sejahtera rakyat tapi disalahgunakan. Misalnya saja kasus pajak yang belakagan ini menjadi masalah di negeri ita ini. Kasus pajak ini sangat merugikan rakyat, karena uang pajak yang dibayar oleh rakyat untuk membantu kesejahteran rakyat malah di korupsi oleh pihak-pihak yang menginginkan keuntungan untuk dirinya sendiri ataupun kelompoknya. Akibat yang ditimbulkan dari kasus pajak ini pun tidak sedikit. Misalnya saja rakyat mulai tidak percaya akan pegawai pajak yang mengurus tentang pajak, yang nantinya akan mempengaruhi pendapatan pajak pemerintah. Sehingga dana anggaran yang mulainya dipakai untuk rakyat pun menjadi berkurang, sehingga kesejahteraan rakyatpun akan menurun. Jika kesejahteraan rakyat menurun maka rakyat pun akan melakukan tindakan-tindakan yang bisa membahayakan sesama warga, misalnya saja mencuri, merampok bahkan membunuh untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Alangkah baiknya jika kita sebagai mahkluk yang beragama lebih bisa menahan godaan setan untuk melakukan tindakan-tindakan yang tidak terpuji , salah satunya adalah korupsi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar