Kamis, 05 Januari 2012

Tugas Softskill Ilmu Sosial Dasar Pertumbuhan Penduduk (Dalam Arti Pengangguran)?

Pertumbuhan penduduk (dalam arti pengangguran)?

Pertumbuhan penduduk yaitu populasi yang sewaktu – waktu dapat berubah dan dapat juga dihitung individu di dalamnya menggunakan “per-waktu-unit” untuk pengukuran. Pada dasarnya pertunbuhan oenduduk berlaku pada semua spesies, namun pada umumnya sebutan ini biasanya ditujukan kepada manusia dan digunakan untuk perhitungan pertumbuhan penduduk dunia.

Dalam ekologi dan demografi, NPP atau kepanjangan dari nilai pertumbuhan penduduk dan dapat juga dikatakan sebagai nilai kecil dimana jumlah individu dalam populasi menimgkat. Pada perubahan NPP, penghitungan hanya dilakukan per-periode (periode waktu unit) yang sering juga diartikan sebagai presentase jumlah individu dalam populasi ketika dimulainya periode.

Ketika pertumbuhan penduduk dapat melewati kapasitas muat suatu wilayah atau lingkungan hasilnya berakhir dengan kelebihan penduduk. Gangguan dalam populasi manusia dapat menyebabkan masalah seperti polusi dan kemacetan lalu lintas, meskipun dapat ditutupi perubahan teknologi dan ekonomi. Wilayah tersebut dapat dianggap "kurang penduduk" bila populasi tidak cukup besar untuk mengelola sebuah sistem ekonomi

Maksud dari pertumbuhan penduduk dalam arti pengangguran menurut saya adalah , meningkat nya jumlah angka kelahiran di Indonesia yang berpengaruh terhadap jumlah angka pengganguran. Semakin meningkatnya jumlah penduduk maka otomatis jumlah calon pekerja juga akan semakin meningkat. Hal ini disebabkan karena begitu banyaknya para calon pekerja yang ingin memasuki dunia kerja dengan tujuan yang sama yaitu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dari berbagai latar belakang jenjang pendidikan yang berbeda-beda namun dengan satu tujuan yang sama, yaitu mendapatkan pekerjaan. Mereka berlomba-lomba untuk mendapatkan posisi yang ditawarkan oleh berbagai macam lembaga. Baik dari negeri maupun swasta.

Persaingan yang terjadi diantara para pelamar kerja sangat ketat, siapa yang memenuhi kualifikasi maka akan mendapatkan pekerjaan, sedangkan yang tidak memenuhi kualifkasi dan mudah putus asa maka mereka akan tersingkirkan dari persaingan.

Solusi untuk menanggulangi meningkatnya jumlah pengangguran di suatu wilayah yang dapat dilakukan oleh pemerintah , yaitu dengan melakukan beberapa tindakan, misalnya dengan menggalakan kegiatan transmigrasi kepada para masyarakat yang berada di wilayah yang memiliki tingkat kepadatan penduduk cukup banyak ke wilayah yang penduduknya masih sedikit.

Solusi kedua yaitu kita sebagai masyarakat dapat berpartisipasi dengan pemerintah untuk membantu mengurangi angka penggangguran yaitu dengan membuka lapangan pekerjaan baru bagi orang-orang disekitar kita.

Maka dengan adanya lapangan baru tersebut diharapkan dapat mengurangi tingkat pengangguran dan dapat memanfaatkan tenaga kerja pemuda – pemudi dengan baik demi memajukan pembangunan bangsa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar